Senin, 04 Juli 2011

Perkembangan Peserta DIdik


Perkembangan Peserta Didik

Menurut Kartini Kartono
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal padea anak yang sehat dalam peredaran waktu tertentu.

Siti Rahayu Haditmo à Dosen UGM
Pertumbuhan adalah bertambah besarnya ukuran badan dan fungsi fisik yang murni.

Faktor yang memepengaruhi pertumbuhan manusia
1.      Faktor sebelum kelahiran
2.      Faktor ketika lahir
3.      Faktor sesudah lahir
4.      Faktor Psikologis

Faktor-faktor sebelum lahir yaitu,
Ibu -----------à Kurang Nutrisi
            Janin kena virus
            Pendaharan pada saat lahir
            Pakai alat bantu saat melahirkan
Factor sesudah lahir yaitu
            Luka pada kepala
Factor psikologis
            Anak yang ditinggalkan orang tua
Anak yang dititipkan di panti

Perkembangan
Perubahan yang bersifat psikologis/ nonfisik cara mengukur perubahan ini menggunakan alat ukur yang namanya adalah test boneksion.
Menurut Kartono Kartini
Perkembangan adalah perubahan psiko fisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik seseorang ditunjang oleh factor lingkungan dan proses belajar.
Kematangan adalah suatu saat yang mengatakan perkembangan sudah dalam masa puncak mencapai pada perkembangan yang sesuai dengan harapan budaya yang berlaku dan usia yang dicapai.
Kesimpulan  Pertumbuhan dan Perkembangan
1.      Keduanya bekerja dalam proses perubahan yang bekenaan dengan aspek fisik dan psikis seseorang.
2.      Istilah : tumpang tindih
3.      Pertumbuhan : perubahan fisik
Perkembangan : perubahan psikis
4.      Hasil : a. dari pengaruh lingkungan
b. pertumbuhan gampang diukur
c. perkembangan sulit diukur
5.      Pertumbuhan : aspek fisik, kelenjar sex, otak
Perkembangan : perilaku, sikap, minat, pribadi, social, perasaan.

Beberapa konsepsi perkembangan dan teori hokum perkembangan
I.                   Konsepsi Asosiasi
II.                Konsepsi Gestalt
III.             Konsepsi Sosiolitik
Konsepsi = perubahan
Menurut konsepsi Asosiasi perkembangan pada hakikatnya proses asosiasi, menurut aliran ini yang utama (primer) bagian-bagian yang sedang, untuk bagian yang keseluruhan adalah sekunder.
Menurut konsepsi Gestalt perkembangan pada dasarnya atau intinya adalah proses deferinsiasi yang primer adalah keseluruahan dari bagian yang sekunder.
Menurut konsepsi sosiolistik perkembangan adalah proses sosialisasi, anak manusia bersifat pre social yang lama-lama menjadi sosialisasi.
Menurut I. M Baldwin perkembangan adalah proses sosialisasi dalam bentuk imitasi yang berlangsung dengan adaptasi dan seleksi.
Baldwin membagi imitasi menjadi:
1.      Non deliberate imitation (tanpa disengaja) , meniri sikap
2.      Deliberate imitation (dengan sengaja)

Taraf proyektif
Anak mendapat pesan yang akan ditiru.
Taraf subjektif
Anak timbul untuk meniru
Tafar objektif
Anak telah menguasai hal yang ditiru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar